Ribetnya Janjian Ketemu Dosen

Ribet itu satu kata yang dialami oleh semua mahasiswa tingkat akhir yang sedang menjalani skripsi

Mungkin tidak semua (nah itu ada yang nyinyir di belakang), ribetnya adalah ketika dosen pembimbingmu orang paling sibuk di kampus. Terlambat 1 menit saja dijamin harus membuat jadwal ulang dan kamu rela standby 2 jam untuk menunggunya, sialnya dosenmu bilang “bimbingannya besok saja ya, berkasnya titipkan disini dulu, saya ada rapat 5 menit lagi”.

2 jam menguap begitu saja, padahal dengan 2 jam itu bisa aja kamu mengerjakan tugas lain jika kamu masih ada kuliah. Ya itu WAJAR!! mungkin ini pertama kalinya kamu ketemu dosen, seperti mau ketemu dokter gigi nerpes tak berkesudahan. (lebay)

Tipsnya adalah:

  1. Usahakan nampang dengan dosen pembimbingmu setiap waktu
  2. Beri senyuman terbaikmu dan
  3. Tanyakan kapan bisa bimbingan atau katakan kamu kesulitan dengan referensi ini dan itu atau
  4. Tanyakan kabarnya “Tumben baru datang, biasanya pagi sekali sudah datang”

Pasti kamu akan mudah diingat olehnya, sekali waktu tunda ketemuanmu dengan dosen karena suatu hal. Misal, kamu janjian deal di hari jumat dan sekarang masih hari selasa, di hari kamis kamu datang membawa berkas dan katakan “maaf bu/pak, hari jumat saya tidak bisa bimbingan, saya bisanya hari ini atau dimundurkan senin karena ada nganu..”. Pasti beliau iba sama kamu, kecuali orangnya killer pakai cara yang tegas saja coba improv sendiri.