Mau Hobi Masak Kamu Jadi Duit? Perdalam Ilmunya di Jurusan Kuliah Berikut

Hobi adalah kegiatan yang dilakukan atas dasar suka, kalau melakukan bahagia, jika tidak melakukan tidak ada perasaan apa-apa. Berbeda dengan passion, passion tidak hanya atas dasar suka tapi juga rasa cinta jika tidak melakukan seperti ada yang kurang, setiap melakukan selalu bersemangat. Juga ada keinginan untuk naik level selanjutnya, itulah passion.

Jika hobi masakmu hanya karena suka, cukup kursus saja. Tapi jika passion dan ingin masuk ke level berikutnya, maka tempuh pendidikan yang sesuai dengan passion-mu itu. Berikut jurusan kuliah yang terkait dengan makanan;

Jurusan Kuliah Seni Kuliner

Lebih dikenal dengan nama jurusan culinary art. Gelar yang ditawarkan adalah gelar D3, tapi beberapa kampus menawarkan gelar S1.

Pada dasarnya mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan diajari teknik pembuatan masakan-masakan dari berbagai negara. Mereka akan diberi pengetahuan tentang bahan-bahan pembuatan masakan, proses pengolahan, cara menggunakan alat-alat dan mesin di industri kuliner, dan masih banyak lagi.

Mahasiswa juga akan diajarkan tentang teknik penyajian masakan yang memiliki kualitas hotel berbintang. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar tentang dasar-dasar patiseri, tata boga, dan bartending. Lulusan dari jurusan ini memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai koki atau chef di hotel dan resto-resto besar.

Jurusan Kuliah Baking and Pastry Art

Kalau kamu lebih tertarik pada dessert dan berbagai jenis kue dan pastry, jurusan ini sepertinya lebih cocok untukmu.

Kuliah di jurusan ini akan memberimu pengetahuan dasar tentang patiseri termasuk tentang bahan utama, teknik pengolahan, penggunaan alat, dan lain sebagainya. Intinya, kamu bakal belajar gimana cara membuat aneka kue dan roti yang bercitarasa tinggi.

Seiring perkuliahan berjalan, kamu juga akan belajar tentang teknik menghias kue dan bahkan diajari teknik-teknik pembuatan aneka dessert. Kalau rasa cinta kamu terhadap makanan dibarengi dengan skill yang mumpuni juga, dijamin deh, lulus kuliah kamu pasti bisa memiliki karir yang cerah di bidang kuliner.

Jurusan Kuliah Bisnis Kuliner

Jurusan culinary business biasanya ditawarkan untuk program S1. Kuliah di jurusan ini akan membuatmu belajar banyak soal makanan dan soal bisnis makanan atau bisnis kuliner. Pada dasarnya, konsep pembelajaran adalah gabungan yang seimbang antara ilmu-ilmu dalam bidang manajemen dan ilmu-ilmu dalam seni kuliner.

Untuk contoh mata kuliah yang diberikan di jurusan ini di antaranya adalah manajemen bisnis, statistik, akuntansi, perpajakan, pengetahuan tentang makanan, dan lain sebagainya. Kalau kamu nantinya punya cita-cita untuk bisa membuka restoran sendiri, jurusan kuliah ini sebaiknya kamu ambil deh. Kamu bisa belajar banyak tentang mengelola restoran dari jurusan ini.

Jurusan Kuliah Teknologi Pangan

Jurusan yang lebih dikenal dengan jurusan Food Technology ini biasanya masuk program studi S1.

Teknologi pangan adalah jurusan di mana kamu bisa belajar banyak tentang seluk beluk makanan termasuk tentang pengawetan makanan, pemrosesan makanan, pengemasan makanan, hingga soal distribusi makanan. Kamu juga akan belajar tentang memilih bahan pangan dan tentang kandungan gizi.

Jurusan ini lebih ke masalah teoritis sih. Kamu harus menguasai banyak ilmu termasuk kimia dan biologi makanan. Secara, kamu kan akan mempelajari juga soal fermentasi makanan, bioteknologi pangan, mikrobiologi dan masih banyak lagi.

Dari jurusan ini, Kamu bisa berkarir pada bidang Quality Assurance atau pengendalian mutu di perusahaan makanan berskala besar. Selain menjadi QA, lulusan jurusan ini juga memiliki kesempatan berkarir sebagai Product Developer atau pengembang produk.

Legit kan?? Kuliah sekarang juga.

Jurusan Kuliah Gizi

Jurusan gizi banyak tersedia di politeknik dan universitas. Sesuai dengan namanya, jurusan ini menjadi jurusan kuliah buat kamu yang cinta sama makanan karena memang sehari-harinya kamu bakalan berkutat dengan makanan untuk diteliti kandungan gizinya.

Para mahasiswa jurusan ini kebanyakan merasakan manfaat besar bagi diri mereka sendiri setelah kuliah di jurusan ini lho. Hal ini disebabkan karena mahasiswa jurusan gizi menjadi lebih aware terhadap kesehatan dan kandungan gizi makanan.

Jurusan Kuliah Tata Boga

Tidak dipungkiri lagi kalau tata boga adalah salah satu jurusan kuliah buat kamu yang cinta dengan makanan. Apalagi saat kuliah di jurusan ini akan membuatmu selalu dekat dengan makanan.

Mencicipi dan memasak makanan sepertinya adalah kegiatan utama dalam jurusan perkuliahan ini. Selain itu, mahasiswa jurusan tata boga juga akan belajar tentang proses pengoperasian katering, pengetahuan dasar tentang makanan, pengadaan bahan makanan, dan masih banyak lagi.

Setelah lulus, kebanyakan mahasiswa jurusan tata boga akan mencari pekerjaan di bidang industri makanan dan juga di bidang perhotelan. Mereka bisa bekerja sebagai manajer katering, manajer restoran, atau bahkan membuka usaha kulinernya sendiri.

Jurusan Kuliah Manajemen Kuliner

Pada jurusan ini, para mahasiswanya akan diajak belajar tentang mengelola bisnis kuliner, termasuk cara untuk menjaring pelanggan, menciptakan menu, dan lain sebagainya.

Pilihan karir untuk lulusan jurusan ini terbuka lebar. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di restoran sebagai supervisor dapur ataupun sebagai pengurus restoran. Mereka juga bisa bekerja di hotel sebagai supervisor katering dan lain sebagainya. Banyak juga lulusan jurusan ini tang lebih memilih membuka usaha kulinernya sendiri.

Mengelola restoran atau usaha kuliner lainnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Alhasil, gelar manajemen kuliner ini sepertinya cocok untuk menambah ilmu pengetahuan tentang mengelola bisnis kuliner.

SkripsiYuk.com Melayani Jasa Pembuatan Skripsi Malang