100 Kumpulan Judul Skripsi Ilmu Gizi | Jasa Bimbingan Skripsi Ilmu Gizi

SkripsiYuk.com – Jurusan Ilmu Gizi dan ilmu tentang gizi itu sendiri terkait erat dengan ilmu kesehatan. Tak heran bila kuliah jurusan gizi mengharuskan mahasiswanya mempelajari berbagai mata kuliah ilmu gizi seperti Biokimia Gizi, Ilmu Bahan Pangan, Metabolisme Zat Gizi, Teknologi Pengolahan Pangan, Gizi Kuliner, Manajemen Pelayanan Makanan, hingga Pengembangan Produk Pangan.

Definisi Ilmu Gizi

Ilmu Gizi adalah bidang ilmu yang mempelajari pentingnya nutrisi pada kehidupan manusia, terutama hubungan antara asupan makanan dengan kesehatan

100 Kumpulan Judul Skripsi Ilmu Gizi | Jasa Bimbingan Skripsi Ilmu Gizi

  1. Implementasi Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) Untuk Optimasi Pemenuhan Kebutuhan Gizi Balita.
  2. Optimasi Kebutuhan Gizi Untuk Balita Menggunakan Hybrid Algoritma Genetika Dan Simulated Annealing.
  3. Pola Konsumsi Ikan Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran).
  4. Penerapan Fuzzy K-Nearest Neighbor (FK-NN) Dalam Menentukan Status Gizi Balita.
  5. Sistem Klasifikasi Status Gizi Bayi Dengan Metode K-Nearest Neighbor Berbasis Sistem Embedded.
  6. Sistem Klasifikasi Status Gizi Bayi Dengan Metode K-Nearest Neighbor Berbasis Sistem Embedded.
  7. Optimasi Fungsi Keanggotaan Fuzzy Menggunakan Algoritme Genetika Dalam Penentuan Kebutuhan Gizi Bayi Mpasi.
  8. Implementasi Naive Bayes Pada Embedded System Untuk Menentukan Status Gizi Bayi.
  9. Optimasi Biaya Pemenuhan Asupan Gizi Pada Makanan Bagi Anak-Anak Menggunakan Metode Simpleks Dua Fase.
  10. Hubungan Pola Pemberian MP-ASI dengan Status Gizi Anak Usia 6-24 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Provinsi Jawa Timur.
  11. Proses Inovasi Pelayanan Kesehatan Bagi Penderita Gizi Buruk (Studi Kasus Pada Rumah Pemulihan Gizi Kabupaten Situbondo Jawa Timur).
  12. Sistem Pakar Penentuan Gizi Makanan Bagi Pasien Yang Opname Menggunakan Metode Fuzzy – Tsukamoto [Studi Kasus Klinik Dan Rumah Sakit Ibnu Sina Dampit,Malang].
  13. Penerapan Optimasi Susunan Bahan Makanan Untuk Ibu Hamil Penderita Kurang Energi Kronis (KEK) Menggunakan Algoritme Evolution Strategies.
  14. Penyusunan Bahan Makanan Keluarga Penderita Penyakit Hiperkolesterolemia Menggunakan Algoritme Genetika.
  15. Pengaruh Proporsi Maizena:Slurry dan Lama Pemasakan Terhadap Karakteristik Lempok Waluh.
  16. Proses Pelayanan Kesehatan Ojek Makanan Balita (Omaba) Sebagai Bentuk Upaya Pengentasan Gizi Buruk Balita (Studi Kasus UPT Puskesmas Riung Cisaranten Kidul Kota Bandung).
  17. Pengaruh Penambahan Tepung Rumput Laut Gracilaria Sp. Sebagai Sumber Serat Pangan Terhadap Sifat Fisika, Kimia Dan Organoleptik Cake.
  18. Pengaruh Tahapan Proses Terhadap Kandungan Gizi Dan Organolaptik Abon Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus).
  19. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Ikan Serta Angka Kecukupan Protein Pada Balita Di Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowok Waru, Kota Malang – Jawa Timur.
  20. Pemberdayaan oleh Aktor Non Negara Terhadap Masyarakat Nelayan di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.
  21. Pengaruh Penambahan Natrium Alginat Dan Tepung Wortel Dengan Konsentrasi Berbeda Terhadap Kualitas Restrukturisasi Daging Rajungan Portunus Pelagicus.
  22. Pengaruh Lama Rehidrasi Bubur Instan Labu Kuning Dan Ikan Lele Sangkuriang Dengan Penambahan Bifidobacterium Bifidum Terenkapsulasi Kappa-Iota Karaginan Terhadap Viabilitas Dan Kualitas Bubur.
  23. Proporsi Tepung Sagu Dan Hidrolisat Protein Kepala Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Terhadap Nilai Gizi Pasta Hidrolisat Protein.
  24. Pengaruh Penambahan Spirulina Platensis Dengan Konsentrasi Berbeda Terhadap Kualitas Biskuit Yang Disubstitusi Dengan Tepung Mocaf.
  25. Optimasi Daftar Bahan Makanan Untuk Pasien Rawat Jalan Dan Keluarga Menggunakan Algoritme Genetika.
  26. Pengaruh Suhu, Asam, Dan Konsentrasi Garam Berbeda Terhadap Sifat Fisik Daging Ikan Lele (Clarias Sp.) Yang Terinfeksi Bakteri Aeromonas Hydrophila.
  27. Cemaran Bakteri Escherichia Coli Dalam Bakso Daging Sapi Dan Alat Saji Pada Pedagang Bakso Menetap Dan Berkeliling Di Kota Malang.
  28. Hubungan Asupan Magnesium Dan Kalsium dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo Kota Malang.
  29. Studi Perbandingan Tepung Tapioka Dengan Tepung Rumput Laut (Gracillaria Sp.) Pada Pembuatan Opak Gambir Terhadap Nilai Gizi (Kimia, Fisika Dan Organoleptik.
  30. Identifikasi Senyawa Anti Bakteri Ekstrak Ubur Ubur (Aurelia Aurita) Dengan Pelarut Metanol Terhadap Bakteri Staphylococcus Aureusdan Salmonella Thypi.
  31. Kualitas Mikrobiologi (Jumlah Mikroba dan Cemaran Escherichia coli) pada air dan piring makan di SD Anak Saleh Malang.
  32. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Makanan Berisiko Yang Berpotensi Menimbulkan Hipertensi Pada Mahasiswa Gizi Dan Non Gizi Universitas Brawijaya.
  33. Optimasi Vektor Bobot Learning Vector Quantization Menggunakan Algoritme Genetika Untuk Penentuan Kualitas Susu Sapi.
  34. Optimasi Menu Makanan Untuk Memenui Gizi Penderita Kanker Dengan Algoritme Genetika.
  35. Pengaruh Bubur Instan Labu Kuning dan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus var. sangkuriang) Berprobiotik Lactobacillus acidophilus Terenkapsulasi Kappa dan Iota Karaginan Terhadap Viabilitasnya Menuju Kolon Mencit.
  36. Perbedaan Zat Gizi Makro pada Bolu Kukus dengan Substitusi Tepung Edamame (Glycine max (L) Merril) sebagai Makanan Tambahan Ibu Hamil.
  37. Pengaruh Penambahan Spirulina Platensis Dan Subtitusi Tepung Mokaf Terhadap Karakteristik Fisikokimia Dan Gizi Kerupuk Ikan Tongkol (Euthyunnus Affinis).
  38. Perbedaan Tingkat Pengetahuan Ahli Gizi Sebelum Dan Sesudah Pelatihan Penggunaan Aplikasi Android Rekaman Asupanku (Rekasku) Dalam Pelaksanaan Asesmen Gizi.
  39. Pengaruh Penambahan Eucheuma Cottonii Yang Dipanen Pada Umur 30 Hari Terhadap Kandungan Gizi, Sifat Fisikokimia, Organoleptik Dan Indeks Glikemik Jenang.
  40. Optimasi Menu Makanan Bagi Pasien Gagal Ginjal Menggunakan Algoritme Lebah.
  41. Perbedaan Kandungan Zat besi dan Zink Formulasi Cookies Substitusi Tepung biji labu kuning dan Daun kelor Untuk Ibu Hamil Anemia.
  42. Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Pemberian Asi Eksklusif (Studi Tentang Peningkatan Kualitas Kesehatan Balita Di Kabupaten Jombang).
  43. Peramalan Permintaan Daging Sapi Nasional Menggunakan Metode Multifactors High Order Fuzzy Time Series Model.
  44. Hubungan Status Gizi dengan Siklus Menstruasi pada Mahasiswi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya.
  45. Hubungan Status Gizi dengan Siklus Menstruasi pada Mahasiswi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya.
  46. Asam Amino Tepung Dan Ekstrak Kasar Cacing Tanah Lumbricus Rubellus, Cacing Tanah Eisenia Foetida, Dan Cacing Laut Nereis Sp. Dengan Pelarut Aquades Sebagai Antibakteri.
  47. Rekomendasi Menu Makanan Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi Harian Menggunakan Algoritma Genetika.
  48. Dampak Pelaksanaan Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Terhadap Peningkatan Konsumsi Ikan Rumah Tangga Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.
  49. Perbedaan Kepatuhan Makan Sebelum dan Sesudah Pemberian Edukasi Gizi Menggunakan Aplikasi Android “MEDASH” Pada Orang Dewasa Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.
  50. Pengaruh Konsumsi Fast Food Terhadap Status Gizi Anak Didik TK Tunas Karya Warulor Pekalongan.
  51. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Tingkat Keparahan Pneumonia Pada Pasien Balita Di Laboratorium Ilmu Kesehatan Anak Rssa Kota Malang.
  52. Penerapan Program Linier dalam Mengoptimalkan Kebutuhan Gizi Harian dengan Biaya Minimum.
  53. Pola Konsumsi Ikan Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.
  54. Pemanfaatan Tepung Limbah Ikan Bandeng (Chanos Chanos Forsskål) Sebagai Sumber Protein Pengganti Tepung Ikan Dalam Formula Pakan Terhadap Aktivitas Enzim Pada Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei Boone).
  55. Literature Review: Pengaruh Nutritional Support Pada Kadar Albumin Pasien Intensive Care Unit (ICU).
  56. Perbedaan Jumlah Sisa Makanan Berdasarkan Jenis Sayur dan Teknik Pengolahan Menu Sayuran di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang.
  57. Pengaruh Suhu, Asam Dan Konsentrasi Garam Yang Berbeda Terhadap Profil Asam Amino Daging Ikan Lele (Clarias Sp.) Yang Terinfeksi Bakteri Edwardsiella Tarda.
  58. Hubungan Antara Status Gizi dengan Manifestasi Klinis Demam Pada Pasien Tuberkulosis Pediatri Di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.
  59. Pengaruh Stres Dan Asupan Energi Terhadap Status Gizi Pada Mahasiswi Tahun Pertama Perkuliahan Di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.
  60. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Gizi Seimbang Dengan Jumlah Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri Di Kota Malang.
  61. Perbedaan Status Gizi Dan Kejadian ISPA Pada Bayi 4-6 Bulan Di Puskesmas Pranggang Kabupaten Kediri.
  62. Pengaruh Konsentrasi Sari Buah Nanas (Anenas comosus) Dan Lama Waktu Fermentasi Terhadap Kualitas Kecap Ikan Gabus (Ophiocephalus striatus).
  63. Analisis Kadar Kalsium Pada Bolu Kukus dengan Subtitusi Tepung Edamame (Glycine Max (L) Merril) Sebagai Makanan Selingan Ibu Hamil untuk Mencegah Preeklampsia.
  64. Pengaruh Fotoperiode Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan, Produksi Biomassa, Klorofil-A Dan Kadar Protein Tetraselmis Chuii.
  65. Mutu Organoleptik Snack Bar dengan Formulasi Ubi Jalar, Kacang Tanah, dan Tempe Sebagai Makanan Tambahan Pemulihan Balita Gizi Buruk.
  66. Pengaruh Lama Rehidrasi Bubur Instan Labu Kuning Dan Lele Sangkuriang Dengan Penambahan Bifidobacterium Bifidum Dan Lactobacillus Acidophilus Terenkapsulasi Kappa-Iota Karaginan Terhadap Viabilitas Dan Kualitas Bubur.
  67. Hubungan Asupan Energi Dan Protein Dengan Status Gizi Pada Wanita Usia Subur (WUS) Suku Madura Di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.
  68. Pengaruh Kondisi Gastrointestinal Tract Terhadap Viabilitas Lactobacillus Acidophilus Dan Bifidobacterium Bifidum Terenkapsulasi Kappa-Iota Karaginan Yang Berada Dalam Bubur Instan Labu Kuning (Cucurbita Moschata Durch) Dan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Gariepinus Var. Sangkuriang).
  69. Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Gizi, Pola Konsumsi dan Status Gizi pada Mahasiswi Indekos Jurusan Gizi Universitas Brawijaya.
  70. Pengaruh Suhu, Asam, Dan Penambahan Konsentrasi Garam Berbeda Terhadap Profil Asam Lemak Daging Ikan Lele (Clarias Sp.) Yang Terinfeksi Aeromonas Hydrophila.
  71. Hubungan Kualitas Tidur Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.
  72. Pola Konsumsi Ikan, Hubungan Kecukupan Protein Dan Pufa (Polyunsaturated Fatty Acid) Dengan Prestasi Siswa (Studi Kasus Siswa Man Krecek Kecamatan Badas Kabupaten Kediri).
  73. Optimasi Komposisi Makanan Bagi Penderita Hipertensi Menggunakan Metode Particle Swarm Optimization.
  74. Optimasi Susunan Gizi Makanan Bagi Pasien Rawat Jalan Penyakit Jantung Menggunakan Real Coded Genetic Algorithm (RCGA).
  75. Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Kadar Glukosa Darah Puasa Pada Remaja Dengan Diabetes Melitus Tipe 1.
  76. Analisis Kandungan Protein, Lemak, Dan Karbohidrat Pada Bihun Berbahan Dasar Tepung Porang (Amorphophallus Oncophillus) Dengan Penambahan Tepung Kacang Merah (Phaseolus Vulgaris L) Sebagai Makanan Penderita Obesitas.
  77. Analisis Serat Pangan Brownies Substitusi Tepung Porang sebagai Pangan Diet Khusus untuk Kontrol Berat Badan.
  78. Pengaruh Edukasi menggunakan Aplikasi Android “MEDASH” Terhadap Pengetahuan dan Sikap Perempuan Dewasa di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.
  79. Pengaruh Lama Rehidrasi Bubur Instan Labu Kuning Dan Lele Sangkuriang Dengan Penambahan Lactobacillus Acidophilus Terenkapsulasi Kappa-Iota Karaginan Terhadap Viabilitas Dan Kualitas Bubur.
  80. Pengaruh Lama Pencelupan Siomay Udang Pada Edible Coating Kitosan Terhadap Karakteristik Organoleptik (Aroma, Kenampakan, Tekstur) Pada Suhu Ruang.
  81. Hubungan Antara Asupan Vitamin B (B1, B6) Dengan Kejadian Sindrom Pramenstruasi Pada Siswi Sma Brawijaya Smart School Malang.
  82. Implementasi Algoritma Genetika Pada Optimasi Biaya Pemenuhan Kebutuhan Gizi.
  83. Perbedaan Nilai Gizi Karbohidrat Pada Formula Enteral Homemade Bubuk dan Formula Enteral Komersial.
  84. Hubungan Skor Dietary Inflammatory Dengan Waist Circumference (WC), Hip Circumference (HC) dan Waist Hip Ratio Pada Pasien CVD di Kota Malang.
  85. Kandungan Gizi Dari Omega 3 Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Dan Ikan Belanak (Mugil Cephalus).
  86. Analisis Perbedaan Aktivitas Antioksidan Pada Bolu Kukus Dengan Substitusi Tepung Edamame (Glycin Max (L) Merril) Sebagai Makanan Selingan Ibu Hamil.
  87. Hubungan Faktor Risiko Status Gizi dan Penyakit Jantung Bawaan Terhadap Derajat Keparahan Pneumonia Pada Balita di Laboraturium Ilmu Kesehatan Anak RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.
  88. Kadar Serat Kasar Tempe Kedelai dengan Penambahan Kacang Hijau.
  89. Pengaruh Faktor Kebijakan Terhadap Tingkat Aktivitas Fisik Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Universitas Brawijaya Malang.
  90. Hubungan Tingkat Stres Terhadap Perilaku Makan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.
  91. Perbedaan Kadar Fe Pada Corn Flakes Mocaf Dengan Penambahan Tempe dan Isolat Protein Kedelai Sebagai Alternatif Sarapan Anak Usia Sekolah.
  92. Pengaruh Proporsi Kacang Merah terhadap Zat Gizi Makro (Karbohidrat, Protein dan Lemak) pada Snack bar Ubi Jalar Ungu sebagai Makanan Selingan Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2.
  93. Hubungan Antara Kebiasaan Melewatkan Sarapan dengan Indeks Massa Tubuh pada Remaja Putri (Usia 19-21 Tahun) di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.
  94. Gambaran Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Anak Usia 6 Bulan – 5 Tahun.
  95. Perbedaan Kandungan Fosfor Pada Biji Turi (Sesbania Grandiflora) Merah Dan Putih Sebagai Alternatif Pangan Potensial.
  96. Perbedaan Kadar Kalsium dan Fosfor pada Cookies yang Disubstitusi Tepung Kacang Hijau dan Tepung Biji Labu Kuning Sebagai Alternatif Makanan Selingan pada Balita Stunting.
  97. Hubungan Tingkat Konsumsi Energi Dan Zat Gizi Makro (Karbohidrat, Protein Dan Lemak) Terhadap Status Gizi (Studi Kasus Pada Narapidana Wanita Di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Kota Malang).
  98. Pengaruh Kondisi Gi Tract Terhadap Viabilitas Bifidobacterium Bifidum Terenkapsulasi Kappa-Iota Karaginan Yang Berada Dalam Bubur Instan Labu Kuning Dan Ikan Lele Sangkuriang.
  99. Hubungan Tingkat Pengetahuan Gizi dan Kesehatan dengan Kejadian Menarche pada Remaja Putri (Studi Kasus di 4 Kecamatan Kabupaten Malang).
  100. Literature Review: Viskositas Pada Formula Enteral Blenderized Non Milk Based.

Demikian artikel SkripsiYuk.com mengenai 100 Kumpulan Judul Skripsi Ilmu Gizi | Jasa Bimbingan Skripsi Ilmu Gizi. Apabila kamu ada pertanyaan atau berminat order jasa skripsi, silakan kontak kami.