100 Kumpulan Judul Skripsi Kedokteran

SkripsiYuk.com – Kuliah kedokteran menuntut pemahaman konsep yang tinggi, ingatan dan hafalan yang kuat, berpikir sistematis, dan fisik yang prima. Lalu, apa itu jurusan kedokteran? Ilmu kedokteran adalah ilmu yang mempelajari cara kerja tubuh manusia dalam pemeliharaan kesehatan, kesetimbangannya, pencegahan, pengobatan atau penatalaksanaan penyakit.

Definisi Kedokteran

Kedokteran adalah sebuah institusi perguruan tinggi atau bagian dari institusi tersebut, yang mengajarkan ilmu kedokteran dan memberikan lulusannya gelar profesional, yakni dokter. Sekolah kedokteran juga dapat melakukan riset medis dan mengoperasikan rumah sakit pendidikan.

100 Kumpulan Judul Skripsi Kedokteran 

  1. Pengaruh kelayakan media video pembelajaran terhadap nilai ketrampoilan klinis pada skill lab ilmu material kedokteran gigi.
  2. Eksistensi Majelis Kehomiatan Disiplin Ke(iokteran Indonesia Dalam Sistem Penegakan Hukum Di Indonesia.
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Aktivitas Fisik Mahasiswa Program Studi Kedokteran FKUB Tahun 2014-2016.
  4. Perbedaan Asupan Lemak Pada Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Tingkat Akhir Di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Yang Sedang Mengalami Stres.
  5. Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Perilaku Penggunaan Lensa Kontak Lunak Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.
  6. Pengaruh Mendengarkan Aliran Musik Yang Berbeda Terhadap Kinerja Kognitif: Akurasi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Kalangan Mahasiswa Kedokteran Universitas Brawijaya.
  7. Pengaruh Keterampilan Mengukir Gigi Terhadap Keterampilan Preparasi Gigi Penyangga Pada Mahasiswa Tahap Sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya.
  8. Perbedaan Jumlah Dan Frekuensi Asupan Serat Pada Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Tingkat Akhir Di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Yang Sedang Mengalami Stres.
  9. Pengaruh Fasad Tropis Terhadap Pencahayaan Alami pada Gedung Pendidikan Bersama Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.
  10. Prevalensi Artefak Pada Pembuatan Foto Panoramik Berdasarkan Faktor Penyebab Oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya.
  11. Peran IL-6 (Interleukin-6) dan p38 MAPK (mitogen-activated protein kinase) terhadap Peningkatan Ekspresi Angiotensinogen Pada Kultur Sel Adiposit yang Dipapar Glukosa Tinggi.
  12. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dengan Ketepatan Pemilihan Analgesik Oral dalam Swamedikasi Nyeri Sendi Akut di Apotek Kota Malang.
  13. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kemampuan Adaptasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Jurusan Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.
  14. Pengaruh Latihan Teknik Pernafasan Bibir Terhadap Peningkatan Arus Puncak Ekspirasi Pada Tenaga Kerja Industri Kerajinan Kaca Di UD. Ria Glass Malang.
  15. Hubungan Empati Dengan Altruisme Donor Organ Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran.
  16. Pencegahan Osteoporosis Menggunakan Tepung Cangkang Udang Vannamei (Litopenaeusvannamei) terhadap Tikus Putih (Rattusnorvegicus) Model Ovariektomi Berdasarkan Jumlah Osteoblas dan Ukuran Tebal Matriks Tulang Mandibula,.
  17. Hubungan Asupan Asam Amino Triptofan Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.
  18. Optimalisasi Peningkatan Purifikasi Protein Rekombinan Ag38 Kda Mycobacterium Tuberculosis Melalui Metode Imac.
  19. Studi Pasca Pemasaran Penetapan Kadar Tablet Ponstan (Asam Mefenamat 500 Mg) Pada Apotek Di Sekitar Rumah Sakit Umum Kota Malang Dengan Dugaan Adanya Peredaran Obat Palsu.
  20. Kloning dan Ekspresi Gen Penyandi Antigen 78 dari Mycobacterium Tuberculosis Secara Sistim Heterolog.
  21. Hubungan Kadar Vitamin D Dengan Jumlah Sel T Regulator Pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik.
  22. Pengaruh Paparan Subkronik Antosianin dari Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.) Kultivar Gunung Kawi Terhadap Eritrosit dan Leukosit Pada Rattus Norvegicus Strain Wistar dengan Diet Normal.
  23. Pengaruh Antosianin Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L.) Kultivar Gunung Kawi terhadap Kadar Serum Trigliserida pada Tikus Model Diabetes Mellitus.
  24. Pengaruh kepuasan kerja perawat terhadap produktivitas kerja perawat di ruang rawat inap Bapelkesmas RSU Ngudi Waluyo Wlingi.
  25. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Terhadap Ketepatan Pemilihan Obat Batuk Dalam Tindakan Swamedikasi Batuk Pada Anak (Studi Dilakukan Di Apotek Kota Malang).
  26. Efek sinergis chloroquine dan N-Acetyl crysteine terhadap penurunan aktivitas radikal bebas hepar dan peningkatan aktivitas fagositosis makrofag peritoneal mencit balb/C yang diinfeksi plasmodium berghei.
  27. The Effect Of Garlic (Allium Sativum) Extract On The Growth Of Corynebacterium Diphtheriae In Vitro.
  28. Pengaruh Antibakteri Ekstrak Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) terhadap Lactobacillus acidophilus Penyebab Karies Gigi secara In-vitro.
  29. Uji Stabilitas Dimensi Hasil Cetakan Alginat Dengan Penambahan Pati Kentang (Solanum Tuberosum).
  30. Pengaruh Perubahan Suhu Terhadap Compressive Strength Resin Komposit Nanofiller.
  31. Uji Biokompatibilitas Respon Imun Akut Kulit Xenograft Aseluler Yang Dikombinasi Dengan Platelet Rich Plasma (Prp) Terhadap Ekspresi Interleukin-6 (IL-6) Dan Jumlah Sel Radang Pada Daerah Implantasi Di Tikus Putih (Rattus novergicus).
  32. Identifikasi Pencemaran Parasit pada Daun Ketumbar (Coriandrum Sativum) dan Bayam (Amaranthus spp) di Empat Pasar Induk Kota Malang.
  33. Pengaruh Minuman Isotonik Terhadap Pelepasan Ion Ni Dan Cr Pada Kawat Ortodonti Stainless Steel.
  34. Pengaruh Jus Buah Pepaya (Carica Papaya) Terhadap Jumlah Makrofag Pada Penyembuhan Luka Gingiva Tikus (Rattus Norvegicus) Pasca Gingivektomi.
  35. Efek Preventif Ekstrak Daun Sambiloto (Andrographis Paniculata Ness) Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Model Sepsis Hasil Induksi Lipopolisakarida Terhadap Ekspresi Tumor Necrosis Factor (Tnf-Α) Dan Gambaran Histopatologi Ileum.
  36. In Vitro Study Of Cinnamon (Cinnamomum Verum) Ethanol Extract’s Potency As Antibiofilm Agent Against Biofilm Formation Of Burkholderia Pseudomallei.
  37. Pengaruh Edukasi Apoteker Terhadap Pengetahuan Pasien Swamedikasi Antasida Di Apotek Kota Malang (Studi Dilakukan Di Apotek Kota Malang).
  38. Analisis Cost Minimization Penggunaan Profilaksis Injeksi Intravena Ceftriaxone Dan Cefotaxim Pada Pasien Yang Menjalani Bedah Sesar Di Rsia Mardi Waloeja Rampal.
  39. Hubungan Antara Kebersihan Diri Dengan Adanya S.Aureus Dan Mrsa Pada Swab Hidung Anak Kelas 2 Dan 3 Di Sdn Lowokwaru 4 Malang.
  40. Rasio P53/Survivin Sebagai Parameter Penilaian Respon Kemoterapi Fase Induksi Leukemia Mieloid Akut Pada Anak.
  41. Perbandingan Kesiapan Pembelajaran Keterampilan Klinis Pemasangan Infus Sebelum Panum, Setelah Panum Dan Tahap Profesi.
  42. Hubungan Peran Orang Tua Dengan Ketakutan Pada Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi Di Rumah Sakit TNI-AD Kota Kediri.
  43. Pengaruh Frekuensi Pemberian Jus Sargassum Sp. Yang Berbeda Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Dan Peningkatan Ekspresi Erk 1/2 Pada Hati Dan Ginjal Tikus Diabetes Melitus Tipe 2.
  44. Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Golongan Flavonoid Dari Fraksi Etil Asetat Daun Alectryon Serratus.
  45. Analisis pH dan viskositas pada minuman isotonic berbahan dasar buah bligo (bencasa hispida ).
  46. Pengaruh Pemberian Liposom Kurkumin Topikal Terhadap Ekspresi Interleukin-1 Pada Tikus Model Rheumatoid Arthritis Yang Diinduksi Comlete Freund’s Adjuvant.
  47. Pengaruh Perbedaan Waktu Paparan Genistein Dosis Tinggi Terhadap Ekspresi Cyclin G1 Pada Tahap Awal Perkembangan Embrio Zebrafish (Danio Rerio).
  48. Kajian Kompatibilitas Fisik Pencampuran Kesediaan Parenteral Di Nicu Dan Icu Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang.
  49. Studi Ekspresi Tgf-B Dan Ketebalan Epidermis Tikus Jantan Strain Wistar ( Rattus Norvegicus ) Pada Luka Insisi Yang Diterapi Salep Ekstrak Kulit Buah Naga (Hylicereus Costaricensis).
  50. Studi Ekspresi Tiroid Reseptor α1 (TR-α1) Dan Gambaran Histopatologi Pada Kelenjar Tiroid Hewan Model Tikus (Rattus norvegicus) Hipertiroidisme Hasil Induksi Natrium Iodida (NaI).
  51. Efek Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera lam) terhadap jumlah sel T CD8+ Yang memproduksi Interleukin 6 (IL-6) Yang Dipapar Mycobacterium bovis secara In Vitro.
  52. Gambaran histopatologi dan ekspresi hormon tiroid reseptor alfa 1 pada hati hewan model tikus (Ratus Novergicus) hipotiroidisme yang di induksi tiroglobulin kambing (cTg).
  53. Pengaruh Perendaman Hsil Cetakan Alginate Dalam Infuse Rimpang Jahe ( Zingiber Officinale)15%Terhadap Perubahan Dimensi.
  54. Efektivitas Ekstrak Air Batang Ciplukan (Physalis minima L.) Terhadap Kadar Malondialdehid Tulang Mandibula Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Strain Wistar Pasca Ovariectomy.
  55. Hubungan faktor lingkungan pada motivasi eksternal terhadap nilai evaluasi hasil belajar SL simulasi klinik tahun ajaran 2020/2021 mahasiswa FKG UB.
  56. Hubungan Kadar D-Dimer Dan Fibrinogen Dengan Angka Mortalitas Pada Pasien Covid-19 Di Intensive Care Unit (Icu) Rsud Dr. Saiful Anwar.
  57. Aktivitas Antioksidan Pada Minuman Fungsional Berbasis Jahe (Zingiber Officinale) Dan Kacang-Kacangan Sebagai Antiemetik.
  58. Studi Kadar Kolesterol Total dan Aktivitas Enzim Lipoprotein Lipase (LPL) Pada Tikus (Rattus norvegicus) Hiperkolesterolemia Yang Mendapat Terapi Ekstrak Air Daun Sukun (Artocarpus altilis).
  59. Pengaruh Lama Dan Suhu Penyimpanan Ekstrak Daun Sirih Hijau (Piper Betle L.) Dengan Aquades Terhadap Daya Hambat Bakteri Streptococcus Agalactiae Penyebab Mastitis Pada Sapi Perah.
  60. Terapi Pengembangan Fungsi Otak Pasca-Stroke Iskemik Berbasis Kedokteran Regeneratif dengan Melihat Hasil CT-Scan dan Studi Insilico pada Protein CXCR-4 dan AP-1 Menggunakan Ekstrak Murni Fucoidan dari Sargassum sp. pada Hewan Coba Model Stroke Iskemik.
  61. Uji Efektivitas Ekstrak Etanol Daun Ciplukan (Physalis angulata L.) sebagai Antimikroba Terhadap Acinetobacter baumannii secara in vitro.
  62. Perbedaan Setting Time Glass Ionomer Cement Tipe II Dengan Penambahan Asam Tartarat 5% Dan Penambahan Asam Tartarat 10%.
  63. Evaluasi Tatalaksana Dan Penanganan Kejadian Efek Samping Obat Tuberculosis Multidrug Resistant (TB-MDR) Di RSUD. dr. Saiful Anwar Malang Tahun 2014 – 2016.
  64. “LITERATURE REVIEW: PENGGUNAAN MAGNESIUM SULFAT (MgSO4) SEBAGAI NEUROPROTEKTOR SELAMA KEHAMILAN DENGAN HASIL LUARAN BAYI PADA KELAHIRAN PREMATUR”.
  65. Hubungan Karakteristik Demografi Dengan Frailty Di Kota Malang.
  66. Pemberian Protein Sclerostin dengan Ajuvan CFA-IFA terhadap Peningkatan Jumlah Sel Osteoblas pada Rattus novergicus Galur Wistar Betina Pasca Ovariektomi.
  67. Klasifikasi Gangguan Jiwa Skizofrenia Menggunakan Algoritme Support Vector Machine (SVM).
  68. Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kebiasaan Makan Pada Remaja Kelas X SMA Negeri 2 Kota Malang.
  69. Hubungan Antara Peran Bidan Dan Pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) Di Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo Kota Malang.
  70. Hubungan Antara Depresi Paska Melahirkan Dengan Ikatan Emosional Ibu-Bayi, Kemampuan Menyusui Dan Situasi Hubungan Pernikahan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Malang.
  71. Hubungan Antara Perilaku Merokok Dengan Derajat Keparahan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Pada Pasien Dewasa Di Puskesmas Bumiaji.
  72. Analisa Kekerabatan Sapi Jaliteng (Jawa Bali Banteng) Berdasarkan Sekuen Gen Cyt-b (Cytochrome b) Dengan Metode Polymerase Chain Reaction (PCR).
  73. Hubungan Jumlah Asupan Makanan Sumber Protein Dengan Vo2max Atlet Renang Di Kolam Renang Gajayana Malang.
  74. Hubungan Asupan Magnesium Terhadap Tekanan Darah Pada Wanita Usia Subur (WUS) Dengan Hipertensi Di Puskesmas Kendalsari Kelurahan Tulusrejo Kota Malang.
  75. Perbedaan Perubahan Pengetahuan Ibu Hamil Di Wilayah Kota Malang Tentang Manajemen Laktasi Sebelum Dan Sesudah Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media Website Dan Media Booklet.
  76. Hubungan Kejadian Bullying Dengan Harga Diri Pada Remaja Smp Yang Bertempat Tinggal Dipondok Pesantren Tebuireng Jombang.
  77. Pengaruh Substitusi Daging Keong Mas (Pomacea canaliculata) terhadap kadar lemak dan kadar protein pada nugget ayam.
  78. Hubungan Status Sosial Ekonomi Pasangan Orang Tua Dengan Pemberian Asi Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo.
  79. Mutu Organoleptik Produk Jeli Wortel Berbasis Tepung Porang (Amorphophallus Oncophyllus).
  80. Pengaruh Fitoestrogen Ekstrak Kedelai (Glycine max) Sebagai Kontrasepsi Wanita Terhadap Kadar Malondialdehida (MDA) Dan Histologi Ovarium Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus).
  81. Pengaruh Perendaman Larutan Ekstrak Propolis Terhadap Jumlah Streptococcus Mutans Pada Basis Akrilik Self Cured Peranti Ortodonti Lepasan.
  82. Hubungan Penggunaan Smartphone Dengan Interaksi Remaja – Orangtua Di SMK Muhammadiyah 2 Malang.
  83. Hubungan Persepsi Terhadap Penyakit Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kendalsari Malang.
  84. Pengaruh Penggunaan Kalkulator Status Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Di Kota Malang.
  85. Hubungan Citra Tubuh Dengan Perilaku Diet Pada Siswa SMA Shalahuddin Malang.
  86. Profil Kasus Fraktur Maksilofasial Dan Perawatannya Di Poli Bedah Mulut Rsud Kabupaten Kediri Tahun 2015.
  87. Hubungan Pola Asuh Terhadap Kejadian Sibling Rivalry Pada Anak Usia 1-5 Tahun Dengan Kelahiran Adiknya Di Desa Baujeng, Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.
  88. Pengaruh Perendaman Lempeng Akrilik Heat Cured Dengan Penambahan Serat Kaca 3% Dalam Larutan Peroksida Alkali Terhadap Kekuatan Transversal (Studi In Vitro).
  89. Perbedaan Penggunaan Jenis Antivirus Terhadap Lama Rawatan Pasien COVID-19 Derajat Ringan Hingga Sedang (Penelitian Dilakukan di RSU dr. GL Tobing Deli Serdang).
  90. Penetapan Kadar zat aktif dan evaluasi tampilan fisik viagra 100 mg yang beredar di toko obat kota malang dalam rangka pendugaan peredaran obat palsu.
  91. Perbedaan Kadar Gula Darah Puasa Berdasarkan Tingkat Keemasan Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Poli Penyakit Dalam RS.Dr.Soepraoen Malang.
  92. Hubungan Intensitas Penggunaan Jejaring Sosial Facebook Dengan Kestabilan Emosi Remaja Di SMK Muhammadiyah 2 Malang.
  93. SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW Potensi Pedikulosida Minyak Atsiri Tanaman Sirih (Piper betle) dalam Menghambat Protein Target Acetylcholinesterase pada kutu kepala (Pediculus humanus capitis) secara In Silico.
  94. Studi Kadar Kolesterol Dan Gambaran Histopatologi Aorta Kelinci New Zealand White (Orictolagus cuniculus) Dengan Pemberian Diet Aterogenik.
  95. Hubungan Jumlah Asupan Makanan Sumber Karbohidrat Dengan VO2 Max Atlet Renang Pada Klub Renang Amarta Aquatic, Orca Dan Taman Harapan Di Kolam Renang Gajayana Kota Malang.
  96. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pengetahuan Akseptor Kb Dalam Penggunaan Kontrasepsi Oral Kombinasi Di Apotek Kota Malang.
  97. Studi Ekspresi IL-2 Dan Jumlah Sel Radang Mononuklear Pada Jaringan Kulit Tikus Jantan Strain Wistar (Rattus novergicus) Pasca Diberi Luka Terbuka Yang Diterapi Salep Ektrak Kulit Buah Naga (Hylocereus costaricensis).
  98. Efektivitas Ekstrak Etanol Daun Pandan Wangi terhadap Porphyromonas gingivalis penyebab periodontitis kronis secara in-vitro.
  99. Hubungan Harga Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Remaja Di SMP Shalahuddin Malang.
  100. Hubungan Antara Kejadian Kecacingan Dengan Indeks Prestasi Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Sukun Kota Malang Tahun 2014.

Demikian artikel SkripsiYuk.com mengenai 100 Kumpulan Judul Skripsi Kedokteran. Apabila kamu ada pertanyaan atau berminat order jasa skripsi, silakan kontak kami.