100 Contoh Judul Skripsi Akuntansi Perpajakan Terbaru dan Terlengkap

SkripsiYuk.com – Di jurusan inimemahami berbagai prinsip dan teori akuntansi yang dapat diterapkan dalam perpajakan. Fungsi dari Akuntansi Pajak adalah mengolah data kuantitatif yang selanjutnya akan disajikan dalam bentuk laporan keuangan yang berisi perhitungan perpajakan. 

Pengertian Akuntansi Perpajakan

Akuntansi Perpajakan adalah program studi yang mempelajari mengenai akuntansi dalam bidang khusus, yaitu perpajakan.

100 Contoh Judul Skripsi Akuntansi Perpajakan Terbaru

  1. Analisis Penerapan Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai Pada Jasa Angkutan (Studi Kasus Pada Pt. Varia Usaha Gresik). 
  2. Persepsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Efektivitas Mata Kuliah Praktikum. 
  3. Penerapan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) Dalam Memlih Topik Skripsi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). 
  4. Penerapan Metode Analytic Hierarchy Process Dalam Memilih Konsentrasi Jurusan Akuntansi Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya. 
  5. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Brevet (Brevet A & B) di Universitas Brawijaya Malang.
  6. Pengaruh Beda Permanen Dan Beda Temporer Antara Standar Akuntansi Keuangan Dengan Ketentuan Perpajakan Terhadap Laba Fiskal Sebelum Pajak. 
  7. Perbedaan Perlakuan Aktiva Tetap Berwujud Berdasarkan SAK dan Ketentuan Perpajakan Pada Laporan Keuangan dan Pengaruhnya Pada Pajak Penghasilan Badan”. 
  8. Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Berkarir Di Bidang Perpajakan.
  9. Deskripsi Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Undang- Undang Pajak di Indonesia. 
  10.  Implikasi Perubahan Tax Rate PPh Badan Terhadap Perhitungan dan Penyajian Pajak Tangguhan (Studi Kasus pada PT.X). 
  11. Penghitungan Laba Komersial dan Laba Fiskal Sebagai Dasar Perencanaan Pajak (Tax Planning) (Studi Kasus Pada PT Sumber Suko Group Pamekasan Madura). 
  12. Praktik Manajemen Laba Untuk Menurunkan Beban Pajak.
  13. Penerapan PSAK No.70 Tentang Akuntansi Aset Dan Liabilitas Pengampunan Pajak Pada Laporan Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. X dan CV. Y). 
  14. Evaluasi penerapan kebijakan metode penyusutan aktiva tetap pada PT Sang Hyang Seri [Persero] Regional Manager II Malang ditinjau dari sudut perpajakan dan standar akuntansi keuangan. 
  15. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penggelapan Pajak ( Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya ).
  16. Determinan Persepsi Mengenai Etika Atas Penggelapan Pajak (Tax Evasion) (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). 
  17. Analisis Perbandingan Penerapan Perencanaan Pajak Penghasilan Badan (Studi kasus PP No. 46 Tahun 2013 dengan Pasal 31e ayat 1 Undang-Undang No. 36 Tahun 2008 ). 
  18. Analisis pemilihan metode pengakuan pendapatan pada Perusahaan jasa konstruksi untuk perencanaan pajak Penghasilan dan dampaknya terhadap kinerja Keuangan : Studi Pada Perusahaan Jasa Konstruksi yan. 
  19. Rekonsiliasi fiskal atas laporan keuangan komersial untuk menentukan pajak penghasilan : studi pada laporan keuangan Tahun 2007 PT. BPR Nusamba Ngunut Tulungagung. 
  20.  Analisis profitabilitas perusahaan manufaktur yang GO PUBLIC di Bursa Efek Jakarta (BEJ) sebelum dan sesudah diberlakukannya Undang-Undang Perpajakan Tahun 2000. 
  21. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Topik Riset (SKRIPSI) oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya.
  22. Perlakuan akuntansi aktiva tetap berwujud berdasarkan sak dan ketentuan perpajakan serta penyajiannya dalam loporan keuangan : Studi kasus pada PO.Akas IV Probolinggo. 
  23. Analisis Pemahaman Pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) Mengenai Akuntansi dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 (Studi Pada Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan). 
  24. Pengaruh Persepsi dan Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Program Studi Perpajakan untuk Berkarir di Bidang Perpajakan (studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). 
  25. Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan, Motivasi Kualitas, dan Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Perpajakan Dalam Mengikuti Pelatihan Brevet.
  26. Analisis Upaya Perusahaan untuk Menghemat Pajak Penghasilan Badan pada Perioda Sebelum dan Setelah Perubahan Tarif Pajak Penghasilan Badan Tahun 2000 (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Manufaktur Pub. 
  27. Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus pada Perusahaan Non-Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016).
  28.  Audit Manajemen Sebagai Dasar Untuk Menilai Efektifitas Penerapan Good Corporate Governance Pada Bumn (Studi Kasus Pada Pt Perkebunan Nusantara X).
  29. Penghitungan Laba Komersial Dan Laba Fiskal Sebagai Dasar Perencanaan Pajak (Tax Planning) (Studi Kasus Pada Pt. Oriza Tour & Travel Mataram).
  30.  Peran Assurance Internal Audit Dalam Mengelola Risiko Perpajakan Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Negeri Xxx). 
  31. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Pajak Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak (Studi pada Mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). 
  32. Efektivitas Pelaksanaan Withholding System Terhadap Pemungutan Pajak Penghasilan Di Universitas Brawijaya. 
  33. Penerapan Pengakuan Pendapatan Dalam Perencanaan Pajak Penghasilan Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Jasa Konstruksi (Studi Kasus Pada PT Adhi Karya (Persero) Tbk). 
  34.  Pengaruh Beban Pajak Tangguhan Dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016).
  35. Koreksi Fiskal dan Pengaruhnya Terhadap Laba Kena Pajak (Studi Kasus Koperasi Walijati).
  36. Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Terhadap Pilihan Profesi Dengan Minat Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak Sebagai Variabel Intervening.
  37. Pengaruh Persepsi Keadilan, Aturan Moral, Dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Tax Morale (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya).
  38. Analisis penerapan Perencanaan Pajak dalam rangka menghemat Penghasilan Kena Pajak : Studi pada PT.Pabrik Es Wira Jatim Group Unit Es Kasri Pandaan. 
  39. Perencanaan Perpajakan Sebagai Upaya Untuk Meminimalkan Jumlah Pajak Penghasilan Yang Terutang Bagi Wajib Pajak Badan : Studi Kasus Pada PT Inter Media Milan. 
  40.  Penerapan perencanan pajak sebagai strategi dalam penghematan pembayaran pajak penghasilan pada wajib pajak badan : Studi kasus pada PT. XYZ Malang. 
  41. Analisis Pelaksanaan Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Dan Dampaknya Terhadap Laporan Keuangan Koperasi “X”. 
  42. Efek Fasilitas Pemerintah Terkait Revaluasi Aset Tetap Terhadap Laporan Keuangan Pt Pln (Persero) (Studi Kasus Pada Tahun 2014-2015).
  43. Penerapan Perencanaan Pajak dalam Keputusan Pembelian Mixer Truck Kaitannya dengan Penghematan Pajak (Studi kasus pada PT. Duta Bangsa Mandiri Pasuruan).
  44. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Perusahaan Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”.
  45. Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Komite Audit Terhadap Penghindaran Pajak Perusahaan (Studi Pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2013-2016).
  46. Perencanaan Pajak Ditinjau Dari Pemilihan Metode Penyusutan Aset Tetap. 
  47. Pengaruh Revaluasi Aktiva Tetap Untuk Tujuan Perpajakan Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79/PMK.03/2008 Terhadap Laba Kena Pajak Perusahaan. 
  48.  Implementasi Tax Planning Dalam Upaya Penghematan Pajak Penghasilan (PPh) Badan (Studi Kasus pada PT. Citra Perdana Kendedes Malang).
  49. Analisis Perencanaan Pajak Melalui Revaluasi Aset Tetap untuk Mengurangi Beban Pajak Penghasilan Perusahaan (Studi Kasus pada Unit Industri X PT ABC (Persero) Pulau Jawa). 
  50. Pengaruh Persepsi dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berkarir di Sektor Kementerian Keuangan (Studi Pada Mahasiswa S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2016 dan 2017). 
  51. Pengaruh Perbedaan Antara Laba Akuntansi dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). 
  52. Penerapan Perencanaan Pajak Penghasilan Sebagai Upaya Dalam Meminimalkan PPh Terutang Koperasi Karyawan PT. “X”.
  53.  Pengaruh E-Billing Dan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Gagap Teknologi Di Kabupaten Tana Toraja. 
  54. Perencanaan Pajak Melalui Pmk No. 191/Pmk.010/2015 Tentang Revaluasi Aktiva Tetap Untuk Tujuan Perpajakan. (Studi Kasus Pada Pt. X, Rumah Sakit Di Kepanjen Malang). 
  55. Pengaruh Pengetahuan, Modernisasi Strategi Direktoral Jenderal Pajak, Sanksi Perpajakan dan Religiusitas Yang Dipersepsikan Terhadap Kepatuhan Perpajakan. 
  56.  Hambatan Pelaksanaan Pungutan dan Pembayaran Pajak Penghasilan Sebagai Wujud Tanggungjawab Perusahaan : studi pada Kantor Pelayanan Pajak Malang, Perusahaan Kecap Cap Ikan Mas Raja Malang.
  57. Pengaruh E-Billing Dan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Gagap Teknologi Di Kabupaten Tana Toraja. 
  58. Penghitungan Laba Komersial dan Laba Fiskal Sebagai Dasar Perencanaan Pajak (Tax Planning).
  59.  Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Perpajakan, Dan Pelaksanaan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi kasus pada UMKM di kota Malang). 
  60. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan Dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Perdagangan, Jasa Dan Investasi Di Bursa Efek Indonesia).
  61. Determinan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). 
  62. Dampak Pemilihan Metode Penghitungan Penghasilan Neto antara Metode Norma dan Metode Pembukuan terhadap Kelangsungan Usaha Wajib Pajak Orang Pribadi : Studi Kasus pada Toko X Malang. 
  63. Pengaruh Financial Distress Dan Koneksi Politik Terhadap Praktik Tax Avoidance (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Pertambangan Tahun 2016– 2019). 
  64. Perencanaan Pajak Untuk Penghematan Beban Pajak Penghasilan Badan Melalui Pemberian Tunjangan Pajak Kepada Karyawan : Studi Kasus di Rumah Sakit Umum PTPN XII Kaliwates Jember. 
  65. “Analisis Efektivitas Pemberian Insentif Pajak untuk Pajak Penghasilan Pasal 25 di Masa Pandemi Covid-19 Dalam PMK No. 110/PMK.03/2020 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kota Malang”.
  66. Kritik Atas Prinsip Objektivitas Dalam Kode Etik Akuntan Menurut Pemikiran Martin Luther. 
  67. Implikasi Penerapan Pmk 191/Pmk.010/2015 Terhadap Pelaksanaan Revaluasi Aktiva Tetap (Studi Kasus Pada Pt Pembangkitan Jawa Bali).
  68. Income Tax Planning sebagai Usaha Penghematan Pajak terutang yang harus dibayar perusahaan : studi pada Perusahaan Rokok Alfi Putra Trenggalek. 
  69. Pengungkapan Tax Evasion dan Alternatif Tax Planning sebagai Upaya dalam Meminimalkan Pajak Penghasilan pada UD. X. 
  70. Analisa Kewajiban dan Perencanaan Perpajakan Atas Pajak Pertambahan Nilai Pada Perusahaan X.
  71. Analisis Motivasi Mahasiswa Program Studi Perpajakan Untuk Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi pada Mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya).
  72. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Perpajakan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kramat Jati). 
  73. Pengaruh Penggunaan Basis Akrual dan Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba Dengan Perencanaan Pajak Sebagai Variabel Intervening). 
  74. Pengaruh Norma Subyektif, Pemahaman Terhadap Sistem Self Assessment, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Perpajakan.
  75. Perencanaan Pajak Perusahaan dalam Upaya Legal Tax Saving PPh Badan (Studi Kasus Pada PT. X). 
  76. Perencanaan Pajak Penghasilan Pasal 21 Dalam Rangka Penghemata Pajak : Studi Kasus Pada PT. Bajaprima Indoperkasa, Malang. 
  77.  Telaah Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Mengenai Penghitungan Pajak Penghasilan Guna Mengisi SPT Menurut Sistem Pemungutan Self Assessment. 
  78. Analisis Implementasi PSAK 13 dan Dampaknya Pada Beban Pajak Penghasilan Perusahaan ( Studi Pada PT Ciputra Development Tbk. Tahun 2010-2012),. 
  79. Determinan Persepsi Wajib Pajak Badan Mengenai Etika Penggelapan Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Badan Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwakarta).
  80. Tipologi Tingkat Kepatuhan dan Pemahaman Wajib Pajak pada Pajak Pertambahan Nilai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan.
  81. Analisis Penerapan Tax Planning Sebagai Salah Satu Upaya Penghematan Pajak Penghasilan (PPh) Badan : Studi pada PT. Varia Usaha Beton waru-Sidoarjo. 
  82. Analisis dampak sebelum dan setelah diberlakukanya peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2008 atas pajak penghasilan usaha jasa konstruksi . 
  83. Moral Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kualitas Layanan Sebagai Variabel Moderasi.
  84. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kota Malang. 
  85.  Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Program Studi Perpajakan Untuk Berkarir Sebagai Konsultan Pajak (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angkatan 2013-2015).
  86. Implementasi Tax Amnesty (Studi Kasus Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur Iii).
  87.  Analisis Metode Pembukuan dan Penggunaan Norma Penghitungan Penghasilan Neto terhadap Penentuan Pajak Penghasilan Pasal 25 Perseorangan ( Study Kasua pada Maharani Embroidery Handycraft Malang).
  88. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Wilayah KPP Pratama Pare.
  89. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Bontang). 
  90. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepatuhan Pemilik Umkm Dalam Membayar Pajak Penghasilan (Studi Kasus Atas Wajib Pajak Pemilik Umkm Pada Kpp Pratama Batu).
  91. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Dan Komite Audit Terhadap Manajemen Pajak (Survei Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016). 
  92. “Pengaruh Motivasi, Persepsi, Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Minat Pemilihan Karier Di Bidang Perpajakan (Studi Pada Mahasiswa Perpajakan Universitas Brawijaya Tahun 2017-2020) “.
  93.  Persepsi Auditor terhadap Tanggung Jawab Auditor Terkait dengan Praktik Transfer Pricing yang Dilakukan oleh Klien. 
  94. Analisis Sistem dan Prosedur Pencegahan Penyalahgunaan Faktur Pajak dalam upaya meningkatkan Pengendalian Intern (studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng),. 
  95.  Analisis Pemahaman Perpajakan Bendaharawan Pemerintah Terhadap Kewajiban Perpajakan Atas Pajak Penghasilan. 
  96. Analisis Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Tax Avoidance di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2014-2016). 
  97. Faktor Penentu Minat Wajib Pajak Badan Atas Insentif Perpajakan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). 
  98. Analisis Pelaporan Keuangan Agresif Dan Agresivitas Pelaporan Pajak. 
  99. Pengaruh Penerapan E-Filing, Pemahaman Perpajakan, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di KPP Pratama Malang Selatan. 
  100. Penerapan Strategi Perencanaan Pajak (Tax Planning) Dalam Upaya Penghematan Pajak Penghasilan (Studi Kasus pada PT BPR. Tulus Puji Rejeki, Kediri).

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam pengerjaan skripsi Anda, kami melayani jasa bimbingan skripsi dan konsultasi skripsi dengan mentor yang kredibel. Anda dapat menghubungi kontak dibawah ini.