100 Contoh Judul Skripsi Bioteknologi Terbaru dan Terlengkap

SkripsiYuk.com – Penerapan ilmu bioteknologi dalam kehidupan manusia, mulai dari penemuan dan pengembangan baru pada jenis tanaman, pembuatan roti, keju, nata de coco dan hasil fermentasi pangan lainnya. Ilmu bioteknologi bermanfaat sekali untuk kehidupan manusia.

Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan makroorganisme (hewan, tumbuhan, dan lain-lain), atau mikroorganisme (bakteri, virus, jamur), dengan menggunakan teknologi untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

100 Contoh Judul Skripsi Bioteknologi Terbaru

  1. Pengaruh Penampungan Semen Pada Bulan Yang Berbeda Terhadap Kualitas Semen Sapi Bali. 
  2. Hubungan Umur Induk Terhadap Litter Size, Dan Tipe Kelahiran Kambing Peranakan Etawah.
  3. Evaluasi Potensi Genetik Berdasarkan Sifat Produksi Dan Reproduksi Pada Ayam Bangkok Dan Persilangannya. 
  4. Perbedaan Persentase Penambahan Hidrolisat Protein Ikan Kakatua (Chlorurus sordidus) terhadap Aktivitas Antioksidan Pada Yoghurt. 
  5. Aktivitas Antimikroba dan Antioksidan Edible Film dengan Plasticizer Karaginan dan Penambahan Nanopartikel Perak Mangrove Rhizopora mucronata.
  6. Analisis In Vitro Efek Prebiotik Oligosakarida Ubi Jalar Ungu (Ipomea batatas L.) terhadap Pertumbuhan Bakteri Probiotik. 
  7. Identifikasi Genera/Spesies Plankton dan Penentuan Faktor Fisikokimia yang Mendukung Pertumbuhan Spesies Plankton di Ranu Klakah. 
  8. Pengaruh Perbedaan Konsentrasi PVA dan Eucheuma cottonii Terhadap Karakteristik Sifat Fisika Hidrogel. 
  9. Pengaruh Penambahan Alginat Terhadap Karakteristik Serbuk Albumin Ikan Gabus (Channa striata) dari Rawa Desa Widang, Tuban, Jawa Timur.
  10. Gudeg Mbah Dok: Bisnis Kuliner Nasi Bungkus Gudeg Sebagai Alternatif Usaha di Masa Pandemi.
  11. Review: Pengaruh Metode Ekstraksi Terhadap Kualitas Agar Rumput Laut Merah (Gracilaria sp.) Untuk Pengaplikasian Edible Film.
  12. Fortifikasi Tepung Rumput Laut Eucheuma cottonii Sebagai Sumber Iodium Terhadap Karakteristik Fisika dan Organoleptik Nugget Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei).
  13. Pengaruh Penambahan Kitosan terhadap Kualitas Serbuk Albumin Ikan Gabus (Channa Striata) Dari Tambak Pati, Jawa Tengah.
  14. Pengaruh Penambahan Tepung Rumput Laut Eucheuma cottoni Sebagai Sumber Serat Pangan Terhadap Karakteristik Fisika Dan Organoleptik Kwetiau Basah. 
  15. Pengaruh Penambahan Carboxymethyl Cellulose (Cmc) terhadap Kualitas Serbuk Albumin Ikan Gabus (Channa striata) Dari Tambak Leran, Manyar, Gresik, Jawa Timur. 
  16. Pengaruh Perbedaan Konsentrasi PVA dan Tepung Buah Mangrove Bruguiera gymnorrhiza Terhadap Karakteristik Sifat Fisika Hidrogel. 
  17. Studi Aplikasi Teknologi Pulsed Electric Field (PEF) untuk Pengawetan Susu Sapi – Literature Review. 
  18. Pengaruh Lama Perendaman Daging Ikan Tuna (Thunnus maccoyii.) Dalam Larutan Daun Jati (Tectona Grandis) Terhadap Karakteristik Fisikokimia Se’i Ikan Tuna.
  19. Pengaruh Perendaman Daging Ikan Tuna (Thunnus maccoyii) dalam Larutan Angkak terhadap Karakteristik Fisikokimia Se’i Tuna. 
  20. Optimasi Konsentrasi Nisin dan Lama Inkubasi untuk Induksi Ekspresi Protein Spike HCR pada Karier Lactococcus lactis. 
  21. Analisis Dinamika Biofilm dan Kualitas Air Selama Proses Budidaya Vaname dalam Kolam Millennial Shrimp Farming (MSF). 
  22. Identifikasi Sebaran Kelimpahan Serta Jenis Mikroplastik Pada Permukaan Air Dan Sedimen Di Sungai Biru Kota Batu.
  23.  Pengaruh Penambahan Sukrosa dan Amonium Nitrat Terhadap Pertumbuhan Bakteri Comamonas testosteroni Sebagai Bakteri Pendegradasi Lignin Pada Tandan Kosong Kelapa Sawit. 
  24.  Pengaruh Penambahan Fruktosa dan Yeast Extract Terhadap Pertumbuhan Comamonas testosteroni Sebagai Bakteri Pendegradasi Lignin Pada Tandan Kosong Kelapa Sawit. 
  25. Bioassessment Menggunakan Komunitas Makroinvertebrata untuk Pendugaan Kesehatan Sungai Torong di Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur. 
  26. Pengaruh Pemberian Vaksin Protein Spike sebagai Kandidat Vaksin SARS-CoV-2 terhadap Kadar Imunoglobulin A pada Mencit BALB/c.
  27. Analisis Kandungan Logam Berat Pb dan Histologi Hati Ikan Selar (Selaroides Leptolepis ) di Perairan Binor, Probolinggo, Jawa Timur. 
  28. metode preparasi, kitosan, patch, wound healing.
  29. Pengaruh Paritas Terhadap Litter Size, Bobot Lahir Dan Mortalitas (Pra-Sapih) Domba Ekor Tipis Compass Agrinak Di Balitnak Ciawi, Kabupaten Bogor. 
  30. Pengaruh Penambahan Minyak Ikan Patin (Pangasius hypophthalmus) Terhadap Karakteristik Fisikokimia Dan Organoleptik Cookies.
  31. Penentuan Halal Control Point Bahan Menu Oriental-Western di Restoran UB Coffee. 
  32. Rasio Mikroorganisme Autotrof Dan Heterotrof Terhadap Pembentukan Flok Pada Budidaya Tambak Intensif Udang Vaname. 
  33. Distribusi Mikroalga pada Habitat Akar Mangrove dan Substrat Buatan di Wilayah Pesisir Pantai Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. 
  34. Pengaruh penambahan tepung suweg terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar air, dan organoleptik sosis ayam. 
  35. Distribusi Fitoplankton di Wilayah Pesisir Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. 
  36. Distribusi Keanekaragaman Mikroalga pada Substrat Dasar Perairan di Wilayah Pesisir Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. 
  37. Pengembangan Produk Olahan Gula Semut Kelapa, Gula Pasir dan Kopi Robusta (Coffea canephora). 
  38. Pengaruh Pertumbuhan Nannochloropsis oculata Berdasarkan Fotoperiode Yang Berbeda Skala Laboratorium.
  39. Perbedaan Kadar Proksimat Dan Energi Pada Es Krim Yoghurt Kedelai Hitam (Glycine Soja (L) Merit) Sebagai Selingan Sehat Balita Stunting.
  40. Efek Konsentrasi Sel Awal pada Kultur Chlorella sp. Kondisi Outdoor Terhadap Pertumbuhan, Biomassa, Protein, Klorofil dan Karotenoid. 
  41. Aplikasi Penggunaan pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Spirulina platensis pada Skala Massal.
  42. Perbedaan Nilai Zat Gizi Kimia Formulasi Cookies Substitusi Tepung Biji Labu Kuning Dan Tepung Daun Kelor Untuk Ibu Hamil KEK.
  43. Studi Literatur: Pemberian Media Kultur yang Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Kandungan Nutrisi Spirulina sp.
  44. Studi Pustaka Aktivitas Antidiabetes Pada Sayur Fermentasi Kimchi. 
  45.  Analisis Proksimat Brownies dengan Substitusi Tepung Porang sebagai Pangan Diet Khusus untuk Kontrol Berat Badan. 
  46. Aktivitas Antimalaria Ekstrak N-Hexana Batang Kayu Songga (Strychnos lucida R. Br.) Terhadap Plasmodium Berghei Anka Secara In Vivo. 
  47. Jus Sargassum aquifolium Untuk Mencegah Peningkatan Kadar Kolesterol Dan Kerusakan Histopatologi Aorta Pada Tikus Yang Diberi Diet Aterogenik. 
  48. Pengaruh Penambahan Ekstrak Wortel (Daucus Carota L.) Dalam Pengencer Tris Aminomethan Kuning Telur Terhadap Kualitas Semen Beku Kambing Boer. 
  49.  Pengaruh Pemberian Jenis Dan Dosis Sumber Fosfat Terhadap Perbanyakan Spora Mikoriza Arbuskula Asal Lahan Bekas Tambang Batubara, Kalimantan Timur.
  50. Pengaruh Abu Terbang Batubara Dan Mikoriza Arbuskular Terhadap P Tersedia Dan Serapan P Tajuk Tanaman Rami Di Tanah Pascatambang Batubara. 
  51.  Jus Sargassum aquifolium Mencegah Peningkatan Kadar Kolesterol dan Kerusakan Histopatologi Hati pada Tikus yang diberi Diet Aterogenik.
  52. Pengaruh CO2 Terhadap Pertumbuhan, Biomassa, Pigmen dan Protein Chlorella sp.
  53. Optimasi Suhu dan Waktu Penyeduhan Kombinasi Teknik Dekoksi dan V60 Terhadap Tingkat Penerimaan (Acceptability Level) Sensoris Teh Herbal Daun Kopi Robusta (Coffea robusta) Dampit dengan Response Surface Methodology (RSM) dan Just About Right (JAR). 
  54. Asosiasi Antara Karakter Agronomi Dan Marka Ssr (Simple Sequence Repeat) Pada Jarak Kepyar (Ricinus Communis L.) Tipe Pendek (Dwarf Type).
  55. Optimasi Suhu dan Waktu Proses Delignifikasi Ampas Tebu sebagai Bahan Baku Pembuatan Karboksimetilselulosa (CMC).
  56. Evaluasi Kegagalan Kebuntingan Hasil Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Beku Dosis Tunggal Dan Dosis Ganda Pada Sapi Peranakan Friesian Holstein.
  57. Analisis Kualitas Air Sungai dan Sedimen pada Sungai Kedunguling Sekitar Kawasan Industri Kecamatan Buduran Sidoarjo. 
  58. Evaluasi Keragaman Kuantitatif Tanaman Centro (Centrosema Pubescens) Genotip Lokal Bogor Sebagai Sumber Hijauan.
  59. Analisis Genom Chryseobacterium sp. A99 – Bakteri Pendegradasi Bulu dari Tanah Perakaran Mimosa pudica. 
  60. Inovasi Tepung Berwarna Biru Beraroma Pandan: Studi Pengaruh Jenis Beras dan Rasio Bunga Telang.
  61. Analisis Bioinformatika Metagenom Bakteri pada Ceri Kopi Arabika Gunungrejo Singosari Malang untuk Mengetahui Peranannya dalam Proses Fermentasi Kopi Arabika.
  62. Uji Kadar Air, Aktivitas Air dan Tekstur Nugget Hati Ayam Dengan Penambahan Susu Bubuk Skim Pada Level Yang Berbeda.
  63. Pengaruh Konsentrasi Gula, Starter Dan Lama Fermentasi Dalam Pembuatan Teh Kombucha Daun Bruguiera gymnorrhiza Terhadap Aktivitas Antioksidannya. 
  64. Studi Fertilitas Dan Inkompatibilitas Pollen Spesies Durio Kutejensis Dan Durio Sp. Asal Provinsi Kalimantan Timur.
  65. Pendugaan Genotipe, Daya Gabung Dan Potensi Heterosis Galur-Galur Jagung (Zea Mays L.) Biji Ungu, Kuning Dan Putih. 
  66. Pengaruh Kompos Berbahan Dasar Feses Kelinci Dan Cangkang Telur Pada Pertumbuhan Pennisetum Purpureum Cv. Mott.
  67. Perbedaan Keberhasilan Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Dosis Ganda Sexing Dan Non-Sexing Pada Waktu Yang Berbeda Pada Sapi Peranakan Friesian Holstein. 
  68. Analisis Selisih Stok Buah Segar (Studi Kasus Buah Semangka di Toko Alfamidi Jalan dr. Soetomo No.2, Kota Pasuruan).
  69. Kajian Penggunaan Whey Protein Pada Low Fat Mayonnaise dengan Penyimpanan yang Berbeda.
  70. Pengaruh Penambahan Surfaktan Alami Dari Merang Terhadap Produksi Hidrogen Pada Elektrolisis Air. 
  71. Pengaruh Besar Frekuensi Terhadap Penyebaran Panas Dengan Interstitial Hypertemia Treatment Untuk Pengobatan Tumor Sarkoma. 
  72. Karakteristik Polen Kelapa Sawit Berdasarkan Uji Protein Terlarut, Asam Amino Esensial Dan Non Esensial Dengan Metode Pengeringan Berbeda.
  73. Pengaruh Penambahan Daun Leilem dan Biji Alpukat Bentuk Tepung dan Nanopartikel Dalam Pakan Terhadap Penampilan Produksi Ayam Pedaging. 
  74. Analisis Kualitas Air dan Mikroplastik Kawasan Konservasi Mangrove Pantai Blekok, Kabupaten Situbondo. 
  75. Pengaruh Pemberian Pupuk Anorganik (Guillard dan Walne) terhadap Laju Pertumbuhan Nannochloropsis oculata Skala Laboratorium.
  76. Eksplorasi Thermotolerant Yeast Dalam Pada Produk Non Pangan Systematic Review. 
  77. Penyusunan Dokumen Halal untuk Memperoleh Sertifikasi Halal pada Rumah Makan Suwir Tajir di Kota Malang. 
  78. Pengaruh Konsentrasi NaOH dan Suhu Pemanasan pada Proses Pre-treatment terhadap Produksi Bioetanol dari Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS).
  79. Pengolahan Limbah Monosodium Glutamate (MSG) Menggunakan Sub Surface Flow Constructed Wetland (SSF-W) dan Mikroalga.
  80. Literatur Review: Produksi Protein Larva Black Soldie Fly (Hermetia illucens (L.)), (Diptera: Stratiomyidae) Menggunakan Limbah Makanan. 
  81.  Senyawa Minuman Fungsional Campuran dari Rimpang Kunyit (Curcuma longa Linn.), Daun Kelor (Moringa oleifera Lam), dan Rumput Laut Cokelat (Sargassum polycystum) sebagai Penghambat Aktivitas α- Glukosidase.
  82. Tampilan Reproduksi Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein Di Wilayah Kecamatan Pujon.
  83. Sex Ratio Fetus Hasil Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Beku Dosis Tunggal dan Dosis Ganda Pada Sapi Peranakan Friesian Holstein.
  84. pengaruh suplementasi asam miristat dan substitusi tepung daun kaliandra sebagai sumber konden tanin pada konsentrat terhadap kecernaan nutrien, retensi nitrogen dan pertambahan bobot badan domba ekor tipis.
  85. Perhitungan Laju Pengeringan Daun Katuk (Sauropus androgynus L. Merr) Dengan Metode Cabinet Dryer. 
  86. Pengaruh Penambahan Surfaktan Alami Dari Sapindus Rarak Oil Terhadap Produksi Hidrogen Pada Elektrolisis Air. 
  87. Pengaruh Kombinasi Mikoriza, Pgpr, Dan Dosis Pupuk Npk Terhadap Pertumbuhan Serta Kesehatan Tanaman Alpukat (Persea Americana). 
  88.  Penampilan Reproduksi Sapi Peranakan Ongole (Po) Dan Sapi Peranakan Limousin Di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. 
  89. Analisa Keragaman Jeruk Berdasarkan Karakter Polen dan Penanda Inter Simple Sequence Repeats (ISSR). 
  90. Evaluasi Kondisi Ovarium Menggunakan Ultrasonografi Setelah Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Dosis Tunggal Dan Sexing Dosis Ganda Pada Sapi Peranakan Friesian Holstein.
  91.  Pengaruh Tingkat Kerapatan Spora Jamur Entomopatogen Beauveria bassiana dan Metarhizium anisopliae Sebagai Agen Pengendali Hayati Terhadap Hama Kutu Sisik (Aonidiella aurantii) pada Tanaman Jeruk Lemon (Citrus limon). 
  92. Hubungan Karakter Estrus terhadap Kebehasilan Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Sexing pada Sapi Persilangan Limousin. 
  93.  Kualitas Kimia Dan Mutu Organoleptik Siomay Ayam Dengan Penambahan Tepung Bayam Merah.
  94. Kemampuan Produksi Embrio Sapi Donor Pada Bangsa Yang Berbeda Di Balai Embrio Ternak Cipelang Bogor Jawa Barat.
  95. Teknik Padding Chrome Pada Proses Penyamakan Dengan Variasi Asam Terhadap Krom Oksidasi, Derajat Keasaman, Suhu Kerut Dan Kekuatan Sobek. 
  96. Produksi Embrio Sapi Donor Limousin Pada Individu Berbeda Di Balai Embrio Ternak Cipelang Bogor, Jawa Barat.
  97. Perbedaan Keberhasilan Inseminasi Buatan (Ib) Menggunakan Semen Beku Dengan Dosis Tunggal Dan Dosis Ganda Waktu Berbeda Pada Sapi Perah Fh (Friesian Holstein). 
  98. Optimasi Pencerahan Warna pada Proses Eco Dyeing Kulit Kelinci menggunakan Variasi Konsentrasi Larutan Basa ditinjau dari Kadar Air, Ketahanan Gosok Cat, Kemuluran dan Suhu Kerut. 
  99. Pengaruh Suhu dan Lama Waktu Thawing Terhadap Kualitas dan Status Kapasitasi Spermatozoa Semen Beku Sapi Bali dan Sapi Madura. 
  100. Identifikasi Senyawa Metabolit Sekunder Bakteri Pseudomonas alcaligenes dengan Metode Fourier Transform Infrared (FTIR) menggunakan Pelarut Metanol. 

Demikian artikel SkripsiYuk.com mengenai 100 Contoh Judul Skripsi Bioteknologi Terbaru dan Terlengkap. Apabila kamu ada pertanyaan atau membutuhkan Jasa Konsultasi Skripsi dari SkrisiYuk! Hubungi Admin kami.