100 Contoh Judul Skripsi Ilmu Komputer Terbaru dan Terlengkap

SkripsiYuk.com – Jurusan Komputer itu menarik. Salah satu sebabnya, ada kampus yang mengenalinya sebagai Jurusan Ilmu Komputer. Meskipun tak sepenuhnya sama, ilmu yang serupa dapat dipelajari di Jurusan Teknik Informatika di kampus lain.

Pengertian Ilmu Komputer

Ilmu Komputer merupakan bidang studi yang identik dengan computer programming. Belajar cara menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak.

100 Contoh Judul Skripsi Ilmu Komputer Terbaru

  1. Hubungan Kepribadian Narsistik Dengan Intensi Mengunggah Foto Di Instagram Pada Mahasiswa Laki-Laki. 
  2. Clustering Penggunaan Energi Listrik Pelanggan Pln Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means. 
  3. Implementasi Metode Dempster -Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Tanaman Padi.
  4. Optimasi K-MEANS Untuk Clustering Kinerja Akademik Dosen Menggunakan Algoritme Genetika. 
  5.  Optimasi Penentuan Rute Terpendek Pengambilan Sampah Menggunakan Multi Travelling Salesman Problem. 
  6. Pelaksanaan Local Area Network (Lan) Untuk Optimalisasi Pelayanan Masyarakat (Studi Kasus Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang). 
  7. Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Dengan Menerapkan Metode Agile Software Development.
  8. Penjadwalan Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Algoritma Tabu Search. 
  9.  Sistem Untuk Deteksi Penyakit Stroke Menggunaka Metode Analytical Hierarchy Process Dan Weighted Product. 
  10. Implementasi Metode K-Nearest Neighbor Untuk Rekomendasi Keminatan Studi (Studi Kasus: Jurusan Teknik Informatika Universitas Brawijaya). 
  11.  Evaluasi Dan Perancangan Sistem Informasi Pemeliharaan Sarana Prasarana Di Fakultas Ilmu Komputeruniversitas Brawijaya.
  12.  Identifikasi Kesalahan Penulisan Kata (Typographical Error) Pada Dokumen Berbahasa Indonesia Menggunakan Metode N-Gram Dan Levenshtein Distance. 
  13. Implementasi Algoritme Fuzzy K-Nearest Neighbor Untuk Penentuan Lulus Tepat Waktu (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer (Universitas Brawijaya). 
  14. Metode Alternatif Pembelajaran Fisika di Beberapa SMU Batu-Malang dalam Upaya Lebih Meningkatkan Minat Siswa dalam Mempelajari Ilmu Fisika. 
  15. Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Mass Rapid Transit Jakarta Menggunakan Metode Naive Bayes Dengan Normalisasi Kata. 
  16. Sistem Deteksi Gerakan Kepala Sebagai Kontrol Kursor Mouse Dengan Metode Complementary Filter. 
  17. Optimasi Jumlah Pinjaman Koperasi Menggunakan Fuzzy Tsukamoto Dengan Algoritme Genetika. 
  18. Pengembangan Intrusion Detection System Terhadap SQL Injection Menggunakan Metode Learning Vector Quantization. 
  19. Voting Based Extreme Learning Machine dalam Klasifikasi Computer Network Intrusion Detection.
  20. Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Menggunakan Metode E-Govqual (Studi Kasus Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat). 
  21. Penerapan Bot Frequently Ask Question(FAQ) Filkom Pada Jejaring Sosial Twitter. 
  22. Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Uji Coba LRT Jakarta menggunakan Improved K-Nearest Neighbor dan Information Gain. 
  23. Permainan Mobile Augmented Reality Berbasis Lokasi Untuk Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. 
  24.  Implementasi Regresi Linier Berganda Untuk Prediksi Jumlah Peminat Mata Kuliah Pilihan. 
  25. Optimasi Pembagian Tugas Dosen Pengampu Mata Kuliah Dengan Metode Particle Swarm Optimization. 
  26. Pengembangan Permainan Edukasi Simulasi Astronomi Menggunakan Teknologi Mobile Virtual Reality. 
  27. Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto Recording Smart Hybrid Classroom Menggunakan Delone And Mclean’s Model (Studi Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya).
  28.  Optimasi Algoritme K-Means Untuk Clustering Dosen Berdasarkan Kinerja Akademik Menggunakan Algoritma Genetika Paralel. 
  29.  Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Pengguna Messenger ABC Dalam Penerimaan Informasi Pada Lembaga XYZ Dengan Menggunakan The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). 
  30. Sistem Pakar Untuk Tindak Pidana Korupsi Berdasarkan Undang-Undang No.31 Tahun 1999 Jo. Undang-Undang No.20 Tahun 2001 Dengan Metode Forward Chaining.
  31. Klasifikasi Gangguan Jiwa Skizofrenia Menggunakan Algoritme Support Vector Machine (SVM). 
  32. Sistem Informasi Persediaan Barang (Inventory) (Studi Kasus pada Apotek Amanah Husada Malang).
  33. Klasifikasi Suara Berdasarkan Gender (Jenis Kelamin) Dengan Metode K-Nearest Neighbor (KNN). 
  34. Seleksi Fitur Dengan Particle Swarm Optimization Untuk Pengenalan Pola Wajah Menggunakan Naive Bayes.
  35. Klasifikasi Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Binary Decision Tree Support Vector Machine (BDTSVM) (Studi Kasus: Puskesmas Dinoyo Kota Malang). 
  36. Sistem Informasi Geografis Berbasis Mobile Rekomendasi Pencarian Iklan dan Petunjuk Arah Lokasi Transaksi pada Aplikasi Jual Beli Online Menggunakan Location Based Services.
  37. Clustering Dokumen Skripsi Dengan Menggunakan Hierarchical Agglomerative Clustering. 
  38. Implementasi Sistem Pendeteksi Ketinggian Air Dengan Menggunakan Wireless Sensor Network Node Point To Point. 
  39. Rekomendasi Pemilihan Paket Personal Computer Menggunakan Metode AHP-TOPSIS. 
  40. Optimasi Penjadwalan Ujian Semester Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus: STMIK KADIRI)”. 
  41.   Inovasi Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Kejuruan (Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 3 Malang) Inovasi Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dalam Meni. 
  42. Klasifikasi Aritmia Dari Hasil Elektrokardiogram Menggunakan Support Vector Machine Dengan Seleksi Fitur Menggunakan Algoritma Genetika. 
  43. Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Aparatur Desa Melalui Strategi Capacity Building. 
  44. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Tanaman Pangan Pada Suatu Lahan Berdasarkan Kondisi Tanah Dengan Metode Promethee. 
  45. Evaluasi Tampilan Antarmuka QGIS dan MapWindow dengan Menggunakan Pendekatan Heuristic Evaluation (Studi Kasus: Fungsi Geoprocessing Tools). 
  46. Efektivitas Administrasi Perpustakaan Dengan Layanan Sistem Informasi Manajemen (Studi Pada Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang).
  47. Implementasi Routing Berbasis Algoritme Dijkstra Pada Software Defined Networking Menggunakan Kontroler Open Network Operating System.
  48. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan KMSPICO untuk Aktivasi Produk Microsoft pada Mahasiswa Universitas XYZ. 
  49. Sistem Rekomendasi Psikotes Untuk Penjurusan Siswa Sma Menggunakan Metode Modified K-Nearest Neighbor. 
  50. Analisis Dan Perbaikan Antarmuka Pada Situs Web Brawijaya Information Technology Services (Bits) Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik”.
  51. Pengembangan Aplikasi Forum Diskusi E-Learning Untuk Programmer Pada Mata Pelajaran RPL Menggunakan Pendeketan Gamification (Studi Kasus : SMKN 5 Malang). 
  52.  Pengembangan Sistem Pembelajaran Pemrograman Java Yang Atraktif Berbasis Website. 
  53. Implementasi Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP) Dalam Penentuan Peminatan Di MAN 2 Kota Serang.
  54. Efektivitas Metode Tebak Gambar Terhadap Hasil Belajar Tata Bahasa Jepang Siswa Kelas Xii Teknik Komputer Jaringan 1smk Diponegoro Tumpang. 
  55.  Pengaruh Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan di Perguruan Tinggi (Analisis Regresi atas Pelayanan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang),.
  56. Pengembangan Sistem Anti Plagiasi Praktikum di Lingkungan Laboratorium Pembelajaran Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. 
  57. Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Web Berdasarkan Model Organisasi Dan Manajemen Kesehatan Primer “Andal”. 
  58.  Implementasi Metode Certainty Factor Pada Identifikasi Kerusakan Kendaraan Bermotor Roda Dua.
  59. Analisis Perbandingan Sistem Manajemen Bandwidth Berbasis Class-Based Queue Dan Hierarchical Token Bucket Untuk Jaringan Komputer. 
  60. Pemanfaatan Koleksi Electronic Local Content (Studi Kasus pada Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang). 
  61. Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Starting Line Up Cabang Olahraga Futsal Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) – Weighted Product (Wp) (Studi Kasus : Hefotris Filkom Ub.
  62.  Pengembangan Sistem Survei Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Surya Sembada Kota Surabaya.
  63. The Effects Of Using Computer-Based Test As An Achievement Test.
  64. Sistem Klasifikasi Status Gizi Bayi Dengan Metode K-Nearest Neighbor Berbasis Sistem Embedded. 
  65. Sistem Klasifikasi Status Gizi Bayi Dengan Metode K-Nearest Neighbor Berbasis Sistem Embedded.
  66.  Evaluasi Kebijakan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Kota Malang Tahun Ajaran 2014-2016 (Studi di SMA Negeri 4 Malang, SMK Negeri 4 Malang, dan SMA Brawijaya Smart School),. 
  67. Optimasi Menu Makanan Untuk Memenui Gizi Penderita Kanker Dengan Algoritme Genetika. 
  68. Optimasi Pemupukan Pada Pertanian Rempah Dengan Algoritme Genetika.
  69. Implementasi Low Power Wearable Device Sebagai Heart Rate Monitor Dengan Metode State Machine.
  70.  Implementasi Algoritme Support Vector Machine (SVM) Untuk Prediksi Ketepatan Waktu Kelulusan Mahasiswa. 
  71. Rancang Bangun 3d Oriented Mouse Controller Menggunakan Finite State Machine Berbasis Mikrokontroller Arduino.
  72. Pengembangan Fitur Baru Aplikasi Bahan Bakar Minyak (e-BBM) Menggunakan Metode User Centered Design (Studi pada PDAM malang0. 
  73. Rancang Bangun System Informasi Eksekutif Dengan Menggunakanesprit (Studi Kasus: Laporan Keuangan Took Stop Shoe).
  74.  Sistem Pendudung Keputusan Penentuan Prioritas Calon Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process-Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation Ii. 
  75. Sistem Pendukung Keputusan Deteksi Dini Penyakit Stroke Menggunakan Metode Fuzzy Inference System (FIS) Tsukamoto. 
  76. Sistem Pendukung Keputusan Deteksi Dini Penyakit Stroke Menggunakan Metode Dempster Shafer. 
  77. Sistem Pendukung Keputusan Deteksi Dini Penyakit Stroke Menggunakan Metode Modified K-Nearest Neighbor (MKNN). 
  78. Prediksi Pemilihan Matakuliah Dengan Algoritma Kfp-Tree. 
  79. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode AHP dan Promethee II. 
  80. Rancang Bangun System Informasi Manajemen Logistic Farmasi Dengan Metode Waterfall.
  81.  Implementasi Sistem Pemantauan Suhu Dan Kelembapan Udara Berbasis Protokol AMQP. 
  82. Klasifikasi Emosi Pada Komentar Youtube Menggunakan Metode Modified K-Nearest Neighbor (MKNN) Dengan BM25 Dan Seleksi Fitur Chi-Square. 
  83.  Pembangunan Kakas Bantu Perhitungan Nilai Testability Berdasarkan Rancangan Perangkat Lunak. 
  84. Klasifikasi Dna Tuberkulosis Berdasarkan K-Mer Menggunakan Support Vector Machine (Svm) Dan Variable Neighborhood Search (Vns). 
  85. Deteksi Objek Penghalang Secara Real-Time Berbasis Mobile Bagi Penyandang Tunanetra Menggunakan Analisis Blob. 
  86. Perencanaan Alternatif Struktur Baja Gedung PTIIK Universitas Brawijaya Malang Mengacu pada SNI 1729:2015. 
  87.  Rancang Bangun Aplikasi Informasi Candi Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Smartphone Android (Studi Kasus: Candi Ngetos, Nganjuk).
  88. Pengembangan Business Process Improvement Sistem Informasi Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Bidan Praktik Mandiri Menggunakan Zachman Framework (Studi Pada Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kabupaten Trenggalek). 
  89.  Pemodelan Sistem Pakar Untuk Identifikasi Kerusakan Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) Canon Menggunakan Metode Dempster – Shafer. 
  90. Implementasi Metode Dempster-Shafer Untuk Diagnosa Penyakit Kulit Pada Remaja.
  91. Pengembangan Sistem Pelayanan Informasi Perizinan Investasi Secara Elektronik (Studi Pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Gresik). 
  92. Klasifikasi Teks Bahasa Indonesia Pada Dokumen Pengaduan SAMBAT Online Menggunakan Metode Naïve Bayes dan Kombinasi Seleksi Fitur. 
  93. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt Bawa Laksana Malang). 
  94. Implementasi Metode Dempster-Shafer Untuk Diagnosis Penyakit Pada Tanaman Kedelai. 
  95. Word Formation Processes in the Jargons Used among the Members of Kaskus Internet Forum Community. 
  96. Prediksi Pertumbuhan Jumlah Penduduk Kota Malang menggunakan Metode Average-based Fuzzy Time Series. 
  97. Pendaratan Otomatis Quadcopter Ar Drone Menggunakan Metode Linear Quadratic Regulator (LQR). 
  98. Perbandingan Usabilitas Aplikasi Taxi Online Android (Grab‐Car Dan Uber) Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT).
  99. Peramalan Produksi Gula Pasir Menggunakan Fuzzy Time Series Dengan Optimasi Algoritma Genetika (Studi Kasus PG Candi Baru Sidoarjo).
  100. Penerapan Algoritma Monte Carlo Tree Search Pada Permainan Komputer Maze Treasure.

Demikian artikel SkripsiYuk.com mengenai 100 Contoh Judul Skripsi Ilmu Komputer Terbaru dan Terlengkap. Apabila kamu ada pertanyaan atau berminat untuk mengonsultasikan skripsimu di SkripsiYuk! Silakan kontak kami.